Cara Mudah Membuat Fitting Elbow 3D

Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya. Tapi yang beda kali ini saya akan menjelaskan langkah-langkah atau cara untuk membuat Elbow dalam bentuk 3D.
Ada yang udah pernah dengar dengan nama elbow atau fitting ? Ia, kita jumpai ketika pipa mau belok 90͒ (drajat) atau 45͒ (drajat) kita membutuhkan yang nama nya elbow supaya bisa kita sambung dengan sempurna ketika pipa mau belok.

Contoh Elbow yang akan kita buat.


Untuk cara membuat elbow 90͒ (drajat) di sebagai berikut:

1. Kita buat garis Line (ketik "L") sperti L dengan ukuran yang disesaikan dengan standar ukuran elbow tersebut. (Center line).

Cara buatnya klik disini


2. Kita buat lingkarang atau Circle (ketik "C") dari ujung titik line warna merah. Karena saya menggunakan contoh elbow 4" maka diameter lingakarannya adalah 114 milli meter dan untuk ketebalannya kurang lebih 5 mili meter.


3. Kemudian kita Offset (ketik "O") ke dalam 5 mili meter karena ketebalannya 5.


4.Kemudian kita gunakan perintah Sweep (ketik "SW") enter lalu klik kedua lingkaran tersebut (gambar diatas) enter, kemudian klik line yang warna merah.

Bentuk 2D
Bentuk 3D

5.Kemudian karena lingkaran tersebut masih menyatu kita gunakan perintah Subtract (ktik "SU") enter kemudian klik line paling luar (putih) enter kemudian line dalam (merah) enter.

6. Done.

Dalam bentuk 2D

Dalam bentuk 3D
Enjoy...
Selamat mecoba.


Komentar