Workspace Autocad 2019 - Jago Autocad

Bagi anda yang baru mempelajari AutoCAD mungkin akan sedikit asing dan bingung ketika pertama kali menggunakannya. Oleh karena itu ada baiknya anda mengenal dan memahami program ini dan elemen-elemen penggambaran di didalamnya agar anda dapat mempelajari AutoCAD dengan baik.

Workspace


Command Bar

Di bagian bawah, Anda menemukan Command Bar (lihat gambar di atas). Anda dapat memasukkan perintah hanya dengan mengetiknya. Secara kontekstual akan menunjukkan kepada Anda opsi yang Anda dapatkan untuk perintah yang diberikan. Mengetik huruf yang sesuai dan menekan "Enter" akan langsung mengaktifkan opsi yang diinginkan.

Snapping & Cordinats Options

Bagian ini berisikan informasi-informasi action yang aktif pada saat penggambaran dilakukan. Status bar ini juga berisi settingan untuk pengaturan berbagai fungsi khusus seperti Snap, Grid, Ortho dan lain - lain.

Obit Mode

Pada bagian ini anda dapat mengakses secara cepat perintah-perintah untuk melakukan navigasi seperti menggunakan perintah Zoom, Pan dan Orbit dalam pallete secara langsung yang akan mempengaruhi tampilan layar.

Compas

Di sudut kanan atas DrawSpace Anda, Anda dapat melihat kompas. Ini diatur ke "Pandangan atas" benar secara default. Arahkan kursor ke sana, dan Anda akan melihat simbol rumah kecil muncul. Klik untuk masuk ke tampilan isometrik. 


Sekarang Anda akan melihat sistem koordinat Cartesian 3D di tengah-tengah DrawSpace Anda dengan tiga sumbu. Sumbu x direpresentasikan dalam warna merah, Sumbu Y berwarna hijau dan Sumbu Z berwarna biru.

Menu Bar

Menubar berisi File, Edit, View, Insert, Tools, Draw, Dimension, Parametic, Window, Help, Express dan menu lain bila pengguna menambahkan exten tool tambahan itu sangat membantu bagi pemula yang belum begitu paham tentang perintah dalam command line. Jika  anda ingin memunculkan atau menghilangkan Menu bar anda bisa klik disini.

Ribbon Bar

Berisi toolbar-toolbar yang sudah dikelompokan sesuai dengan kategorinya masing-masing. Dengan adanya Ribbon Bar ini maka anda akan dapat mencari dan memanggil sebuah perintah AutoCAD menjadi relative mudah dengan klik icon-icon di dalam toolbar-toolbar tersebut.

ACAD Menu

Berisi menu menu untuk save file, print, menutup program gambar, melihat histori gambar yang pernah kita buka, dan lain - lain.

UCS Icon

Berfungsi sebagai simbol yang menunjukan arah penggambaran. Dalam penggambaran 2D, sumbu X mewakili bidang horizontal dan sumbu Y mewakili bidang vertikal sehingga anda akan mengetahui arah garis objek gambar.

Snap atau Kursor

Snap merupakan petunjuk arah gerakan-gerakan mouse. Snap ini diibaratkan seperti kursor didalam AutoCAD. Jika anda menggerakan mouse laptop atau komputer anda, maka akan diikuti dengan perpindahan snap tersebut.

Terima kasih.


Komentar