Cara Memberikan Dimensi Isometric di AutoCAD

Isometrik adalah metode untuk menggambar atau merepresentasikan objek tiga dimensi secara visual dalam dua dimensi pada gambar teknik. Terkadang kita harus menggambar Isometric. Biasanya yang kita gambar dalam bentuk Isometric adalah piping, dll. Tentunya kita harus menguasai yang Namanya dimensi Isometric untuk memberikan keterangan ukuran supaya orang bisa mengetahui ukuran tersebut secara jelas.

Contoh.



Caranya adalah sebagai berikut:

1. Ketik "D" ↲

2. Klik "Standard" kemudian klik "New" selanjutnya "masukan nama dimensi" Contoh: Isometric 30 selanjutnya klik "Continue"

3. klik "Text" kemudian klik di sebelah bacaan standard "..." selanjutnya klik "New" Selanjutnya "masukan nama text" Contoh: Isometric 30 kemudian "Ok"


4. Masukan angka "30" di bagian Oblique Angle selanjutnya klik "Apply" kemudian "Close"


5. Selanjutnya rubah Text Style menjadi text yang sudah dibuat tadi "Isometric 30" kemudian klik "OK"


6. Selajutnya membuat dimensi yang kedua dengan cara yang sama seperti langkah di atas (1 s/d 5) tetapi nanti di bagian langkah no. 4 angka "30" di rubah menjadi "-30"di bagian Oblique Angle.

Implementasinya sebagai berikut:

1. Ketik "DAL" ↲
    Anda juga bisa menggunakan cara klik menu "Annotate" kemudian klik "Aligned"


2. Klik Objek yang akan di kasih dimensi


3. Untuk merapihkan dimensi ada bisa merubahnya dengan cara:

4. Ketik "DIMED" ↲ klik "O" ↲ selanjutnya arahkan kursor ke arah dimensi sesuai objek.


5. Anda juga bisa meruah text yang sebelumnya tertidur menjadi berdiri. Dengan cara klik "dimensi yang tertidur" selanjutnya pilih text yang tadi di buat ke text "Isometric 30"



Komentar